Saturday, October 4, 2014

Kenikmatan Merahnya Sembalun

Sembalun adalah salah satu kecamatan di kabupaten Lombok Timur yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Berada pada ketinggian 1156 meter dari permukaan laut, membuat udara di kawasan ini akan terasa sangat menyejukkan.


Terdapat banyak keunikan yang mengagumkan di sembalun yang dapat kita nikmati. Mulai dari keindahan alamnya, jejeran bukit bukit dan lerengnya yang terhampar hijau menyejukkan mata, kemudian rumah adatnya yang masih berdiri kokoh dan hasil buminya yang tidak dapat di temukan di daerah lain di pulau Lombok yaitu buah strawberry dan beras merahnya. Selama perjalanan ke tempat inipun kita sudah dapat menimati keindahan alamnya, serta akan menemukan perkampungan dengan rumah adatnya yang dapat kita singgahi dan pastinya akan menjadi target kamera sebagai pelengkap perjalanan wisata kita. Kawasan rumah adat ini di sebut Kawasan Rumah Adat dan Makam Berugaq Reban Bande. Yang aman di lokasi ini di gunakan sebagai upacara adat Ngayu Ayu oleh penduduk setempat. Yaitu upacara yang di bermaksud untuk memohon keselamatan, dengan proses upacara yang di mulai dengan pengambilan air pada 12 mata air yang ada di Sembalun.

Selanjutnya ketika sudah berada di puncak sembalun ini kita akan menjumpai hamparan kebun strawberry di sepanjang kawasan ini. Di kebun ini kita bisa puas memetik dan memakannya dengan gratis, tapi selama kita menghabiskannya di dalam kebun karena jika kita membawa keluar dari kebun akan di perhitungkan perkilonya pada penjaga atau pemilik masing masing kebun.
Setelah puas memetik dan menikmati strawberry segar, sebaiknya kita sempatkan beristirahat ke arah puncak di atas kebun strawberry ini, karena pemandangan dari tempat ini sangat mengagumkan. Lereng bukit yang hijau dengan penghuni hutan yang berkeliaran bebas di area ini akan memukau kita.


Selain wisata alam, di sembalun juga memiliki souvenir khas yang harus kita dapatkan sebagi oleh oleh wisata ke tempat ini, yaitu berupa kerajinan tenun yang di tenun dengan cara dan alat yang tradisional namun dengan hasil tenunan yang sangat rapi dan sangat bagus kualitas dan motifnya.

No comments:

Post a Comment