Thursday, October 2, 2014

Keindahan Selat Pemegat Nyawe di Pantai Kaliantan Nan Elok


Pantai Kaliantan adalah salah satu pantai perawan yang terletak di bagian selatan pulau Lombok. Pantai yang membentang dengan lekukan dan gundukan bukit karang yang berwarna kuning keemasan berjarak sekitar lima puluhan meter antara karang satu denga kararng yang lainnya, sehingga di saat moment Sunset akan semakin terlihat bercahaya emas, dengan pasirnya yang mengkilat putih bertekstur seperti butiran merica yang sangat unik. Kemudian ombaknya yang tenang dan kondisi pantai yang masih sunyi karena jauh dari keramaian dan terumbu karangnya yang masih terjaga kelestariannya, sehingga sangat banyak aktivitas yang kita lakukan, yaitu dengan berenang dan snorkeling, atau hanya berjalan jalan di pasirnya sambil mendapatkan refleksi dari butiran pasirnya sambil menikmati hamparan padang rumput yang membentang di sekitar pantai.

Di salah satu spot di kawasan pantai ini terdapat sebuah patahan yang oleh penduduk setempat di sebut Pemegat Nyawe. Pemegat Nyawe berarti pemutus Nyawa, karena di tempat ini sering terjadi kecelakaan yang mengakibtakan kematian di jaman dahulu. Di mana di lokasi ini banyak terdapat beraneka ragam ikan sehingga di jadikan spot untuk memancing oleh para nelayan sekitar karena lokasinya merupakan selat yang mempunyai perariran yang dalam. Di area pemegat Nyawe ini juga terdapat sebuah patahan bukit yang di percaya oleh masyrakat sekitar memiliki pantangan untuk para penggembala, karena setiap penggembala menggemabalakan ternaknya di tempat ini , maka gembalaannya tidak akan kembali, alias hilang tanpa sebab yang jelas.

Kemudian sekitar setengah jam menyusuri kaliantan kita akan dapat menemukan sebuah bukit lain yang di sebut bukit Ujung Emas, yang mana dari bukit ini kita akan dapat melihat sebuah danau yang terletak di tenga pemukiman warga yang bentuk bangunannya yang masih tradisional khas Lombok. Danau itu di kenal dengan nama Danau Bedah , ada juga yang menyebutnya dengan danau Tampah Bolek Embung. Kejernihan airnya di manfaatkan oleh penduduk sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka, karena tidak pernah kering walo di musim kemarau.

No comments:

Post a Comment